http://feedads.g.doubleclick.net/ ~ a/S8CGN8RDEeUeHylcrtAmo8wUmX0/0/di (http://feedads.g.doubleclick.net/ ~ a/S8CGN8RDEeUeHylcrtAmo8wUmX0/0/da)
http://feedads.g.doubleclick.net/ ~ a/S8CGN8RDEeUeHylcrtAmo8wUmX0/1/di (http://feedads.g.doubleclick.net/ ~ a/S8CGN8RDEeUeHylcrtAmo8wUmX0/1/da)
Beberapa orang mungkin tidak menyadari betapa menyenangkan dan mudahnya dapat menciptakan ilustrasi mengagumkan hanya dengan beberapa potong elemen seni saham. Dalam tutorial ini kita akan menunjukkan cara membuat ilustrasi abstrak menggunakan beberapa potong seni saham dari Freaks Visual 'Organik CG Art Pack (http://visualfreaks.com/packs/organic.html) dan hanya beberapa pengetahuan dasar Photoshop. Mari kita mulai!
VisualFreaks (http://visualfreaks.com/) adalah proyek high-end yang dimulai oleh sekelompok desainer grafis yang merasa seperti ada ruang untuk alternatif untuk saham saat ini tersedia dan, karenanya, memutuskan bahwa seni dapat dikemas dan disampaikan sesuai dengan kebutuhan Anda.
Para VisualFreaks (http://visualfreaks.com/) berada dalam untuk jangka panjang, menyediakan seni-bungkus desainer dan ilustrator elemen yang unik dapat dengan mudah memodifikasi dan menyatu dengan karya seni atau desain untuk penggunaan komersial atau pribadi. Tujuannya adalah untuk membuat pekerjaan mereka lebih mudah dan membuat karya seni mereka terlihat mengagumkan hanya dengan beberapa klik.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/_intro_00.jpg
Setiap paket memiliki tema yang berbeda dan kepribadian sendiri dan VisualFreaks telah meluncurkan dua seni kemasan: Organik CG Art Pack (http://visualfreaks.com/packs/organic.html) dan Finecut CG Seni Pack (http://visualfreaks .com / kemasan / finecut.html). Seri peluncuran akan dilanjutkan dengan paket gerak: LifeFlow (http://visualfreaks.com/packs/).
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/_intro_02.jpg
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/_intro_03.jpg
Tutorial Aset
Kami hanya akan menggunakan empat elemen grafis dari Organik CG Art Pack berfokus pada demonstrasi singkat tentang bagaimana menggunakan unsur-unsur kita dan membuat ilustrasi mengagumkan mudah dan cepat, hanya memiliki beberapa dasar Adobe Photoshop pengetahuan.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/001.jpg
Langkah 1
Ok, mari kita mulai! Langkah pertama adalah untuk menciptakan sebuah dokumen baru. Dokumen yang telah kita buat memiliki atribut sebagai berikut: W: 3508px, H: 4961px (ukuran A3), mode warna: RGB, @ 300 dpi. Untuk latar belakang gradien cahaya abu-abu melingkar digunakan, yang memungkinkan warna terang dan gelap akan terlihat.
Agar hal itu terjadi, Anda harus membuat layer baru dan mengisinya dengan warna yang Anda inginkan. Kemudian, klik dua kali di suatu tempat dekat nama layer untuk membuka panel Layer Style. Di sini Anda dapat menimpa properti warna dengan mengaktifkan efek Gradient Overlay. Mengatur gaya gradien radial, memilih warna abu-abu yang Anda suka dan tekan Enter.
Tip: Selama Anda memiliki panel Layer Properties terbuka, Anda dapat memindahkan titik pendaftaran gradien dengan menyeret di papan seni.
Tip: Jika warna gradien Anda tidak berbaur dengan baik mencoba untuk menerapkan penyaring kebisingan. Jika Anda memiliki gradient overlay terlebih dahulu Anda harus menerapkan efek dengan menggabungkan lapisan bawah sedikit pun satu, baru kosong. Ini penyaring kebisingan akan membantu pencampuran, dan memberikan tampilan yang lebih alami untuk gradien.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/01.jpg
Langkah 2
Kita sekarang dapat meninggalkan masalah latar belakang kami, dan mulai bekerja pada grafis. Kami menggunakan beberapa elemen dari Pack CG Freaks Organik Seni Visual. Nomor 3 misalnya adalah kompak dan memiliki menyoroti bagus dan detail. Kami kemudian memutuskan untuk menggunakan yang satu. Berdasarkan elemen kita ingin menghasilkan bentuk beberapa merek baru, tapi mengikuti gaya visual yang sama yang dapat akhirnya berubah bentuk lebih kompleks.
Sekarang, Anda mencobanya. Buka elemen, desaturate dengan menggunakan Shift + tombol pintas Command / Ctrl + U atau pergi ke Image> Adjustments> Desaturate, kemudian salin dan paste di dokumen Anda.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/02.jpg
Langkah 3
Sekarang, untuk bentuk desaturated kita harus menyesuaikan kecerahan dan kontras. Kami akan menggunakan alat Tingkat penyesuaian. Ini membantu kita mengendalikan tidak hanya titik hitam dan putih tetapi juga nada pertengahan. Alat ini memberikan kontrol lebih dari alat kecerahan / kontras penyesuaian yang sebenarnya.
Pergi ke Image> Adjustments> Levels (Command / Ctrl + L) dan mengatur slider yang Anda inginkan. Cobalah untuk mencapai eksposur yang tepat. Cahaya, bayangan dan refleksi adalah fitur utama yang menentukan volume. Ketika Anda selesai menyesuaikan itu, tekan ok.
Tip: Untuk memperbaiki nilai-nilai tonal Anda dapat selalu menggunakan Layer Tingkat Penyesuaian. Penyesuaian standar diterapkan dan tertanam dalam gambar. Jika Anda melakukan hal ini banyak kali Anda akan kompromi kualitas gambar. Lapisan Penyesuaian memberikan banyak fleksibilitas dalam mengubah penyesuaian Anda di kemudian hari dalam proses editing. Kita akan bicara tentang Penyesuaian Layers kemudian, ketika berhadapan dengan sentuhan akhir.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/03.jpg
Langkah 4
Sekarang mari kita menghasilkan beberapa bentuk baru berdasarkan pada elemen kami benar terbuka. Pertama-tama, kita perlu membuat beberapa salinan dengan mengklik kanan pada lapisan di panel layer, dan memilih Duplicate Layer. Ulangi langkah ini beberapa kali untuk mendapatkan salinan lagi. Kami akan tetap satu seperti itu dan memodifikasi lain.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/04.jpg
Langkah 5
Sembunyikan semua salinan dari elemen, kecuali satu. Untuk benar-benar mengubah penampilan tetapi melestarikan fitur mendefinisikan elemen kami, gunakan Filter Liquify. Anda dapat membuat distorsi drastis atau halus sambil menjaga rincian besar. Pergi ke Filter> Liquify, memilih Alat Clockwise Twirl, mengatur ukuran sikat untuk cocok dengan dimensi bentuk, mengatur kepadatan untuk 25 dan mencobanya. Bila Anda menyukai apa yang Anda punya, tekan ok.
Untuk salinan yang tersisa mencoba untuk menggunakan pengaturan kuas yang berbeda, coba variasikan tampilan akhir bentuk dan untuk memahami cara kerja alat Liquify.
Tip: Jika Anda menggunakan Brush Searah jarum jam akan berputar Twirl gambar Anda searah jarum jam, jelas. Untuk twirls berlawanan menggunakan kuas yang sama dengan tombol Alt ditekan.
Tip: Coba main-main dengan potret teman-teman Anda.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/05.jpg
Langkah 6
Kami sekarang memiliki bentuk yang diperlukan untuk memulai. Pertama, mari kita membuat cadangan dari unsur-unsur yang diciptakan sampai sekarang. Pilih layer dan tekan Command / Ctrl + G untuk membuat kelompok, duplikat dan kita baik untuk pergi.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/06.jpg
Langkah 7
Di sinilah bagian yang menyenangkan dimulai. Kami akan mencoba untuk campuran unsur-unsur dalam rangka untuk mendapatkan komposisi bentuk wajah. Harap diingat bahwa kami hanya menginginkan bentuk secara keseluruhan, bukan wajah anatomi yang benar.
Pilih satu bentuk, membuat salinan dan flip itu horizontal. Karena wajah cukup simetris kita akan menggunakan proses ini banyak dalam tutorial ini. Flip, pilih Marquee Tool> Klik Kanan> Free Transform> dan Klik kanan lagi. Di sini Anda memiliki banyak pilihan transformasi: Skala, Rotasi, Skew, Distort, Perspektif ... termasuk Flip. Memilih Horizontal Flip dan tekan Enter. Tambahkan bentuk lagi dan mengatur mereka seperti yang anda inginkan tapi jangan lupa apa tujuan utama adalah.
Tip: Anda dapat memasukkan dalam mode Free Transform hanya dengan menggunakan Command / Ctrl + T pintas.
Tips: Jangan khawatir jika proyek kita tidak cukup cocok. Ini hampir mustahil untuk mendapatkan hasil yang sama karena sifat eksperimental dari proyek ini. Dan mari kita menjadi adil, tidak ada dua wajah yang mirip di dunia nyata baik. Tanyakan http://psd.tutsplus.com/wp-includes/images/smilies/icon_smile.gif saudara kembar Anda.
Untuk jumlah sedikit, mari kita lihat apa yang kita punya sejauh ini. Nah, jika Anda menggunakan imajinasi Anda terlihat dicapai grafis seperti wajah. Mata, tulang pipi, rahang atas dan dagu berada di tempat yang tepat. Kami telah menggunakan 4 elemen dan, sejauh ini, kami berakhir dengan bentuk keseluruhan yang sangat rinci. Sedikit terlalu rinci, jika kau bertanya padaku. Jadi, untuk tulang tengkorak kita perlu membuat beberapa, bentuk baru sederhana.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/07.jpg
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/08.jpg
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/09.jpg
Langkah 8
Salah satu bentuk yang kita buat memiliki kurva sederhana panjang. Mari kita hanya menyalin yang satu dan menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Dengan Polygonal Lasso Tool pilih bagian yang Anda butuhkan, copy dan kemudian paste. Photoshop secara otomatis akan menghasilkan layer baru untuk menyisipkannya ke. Buatlah sedikit lebih lebar / bulat. Gunakan alat skala dari menu Free Transform (Command / Ctrl + T).
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/10.jpg
Langkah 9
Kami sekarang harus mendefinisikan tulang temporal, sisi kiri dan kanan kepala. Ini akan membantu membaca volume juga. Mari kita membuat salinan dari kurva yang kita buat tadi dan mengubah perspektif sedikit.
Dengan layer kurva yang dipilih, tekan Command / Ctrl + T untuk memasuki mode Free Transform (Edit> Free Transform). Jika Anda terus tombol Alt ditekan sambil menyeret sudut kotak berlari, Anda dapat mengubah perspektif yang Anda inginkan. Ada sedikit perbedaan antara bagaimana Distort dan transformasi Perspektif kerja mode (keduanya tersedia dalam modus Free Transform). Mencobanya!
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/11.jpg
Langkah 10
Sekarang, mari kita tambahkan bentuk-bentuk baru untuk komposisi kami.
Untuk memiliki kepala yang proporsional kita harus menjaga mata di tengah-tengah wajah. Jadi jangan menjadi besar kepala. Kita juga harus menyeimbangkan daerah dahi sedikit dengan mulut dan hidung dalam rangka untuk menjaga mata sebagai titik fokus dari komposisi kami. Bentuk keseluruhan sudah terlihat sedikit kusut, jadi bagaimana tentang memiliki dia mengenakan semacam masker pernapasan yang sederhana, untuk meluruskan segalanya.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/12.jpg
Langkah 11
Untuk masker pernapasan kita akan menggunakan prosedur yang sama seperti yang kita lakukan untuk wajah. Cari Freaks Organik Seni Visual CG Pack untuk menemukan elemen dengan sederhana, permukaan bersih seperti element01 memiliki. Lihatlah ke dalam elemen untuk bagian-bagian yang Anda sukai, copy / paste mereka, mendistorsi, menggabungkan mereka untuk masuk akal. Anda dapat lihat di bawah gambaran langkah-demi-langkah pendek dari proses yang kita telah memilih untuk melakukan.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/13.jpg
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/14.jpg
Langkah 12
Wajah terlihat lebih baik sekarang. Selanjutnya, kita harus berhati-hati leher dan beberapa tulang yang menghubungkan kepala dan dada. Setiap perubahan yang kita buat pada sosok dari sekarang harus sederhana dan sugestif, karena kita masih ingin kepala untuk memainkan bagian utama di sini.
Browse Freaks Seni Visual Pack Organik CG dan menemukan tulang sesuatu terlihat. Bagi kami, salah satu bentuk dari element07 tampaknya menjadi sempurna. Ini mungkin bekerja sebagai Tulang Collar, tulang belikat dan bahkan sebagai otot-otot leher. Dengan alat Polygonal Lasso pilih bagian yang ingin Anda gunakan. Kami telah memilih satu kiri bawah dan diedit sedikit. Kami telah terbalik itu, dihapus menetes dan membersihkan tumpang tindih dari sisi kiri (lihat gambar di bawah). Ketika bentuknya dibersihkan menyesuaikan tingkat dan proporsi.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/15.jpg
Langkah 13
Aturlah bentuk dengan cara yang sama kita lakukan sebelumnya. Command / Ctrl + T untuk memasuki mode Free Transform. Resize, Flip bentuk dan menggabungkan mereka yang Anda inginkan. Cobalah untuk menangkap aspek-aspek dasar: otot-otot sternocleidomastoidian untuk garis vertikal dan klavikula untuk garis horizontal.
Tip: Untuk hanya duplikat elemen hanya drag dengan Move Tool dan tahan tombol Alt ditekan. Photoshop secara otomatis akan menghasilkan layer baru.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/16.jpg
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/17.jpg
Langkah 14
Kami telah menyelesaikan kepala dan leher untuk saat ini. Langkah selanjutnya akan membangun beberapa otot. Mari kita menemukan beberapa struktur serat dalam salah satu bentuk yang kita buat sejauh ini. Dengan Polygonal Lasso Tool memilih area yang ingin copy-paste, dan menyesuaikan sesuai keinginan Anda.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/18.jpg
Langkah 15
Membangun beberapa otot dada dengan mengulangi dan sedikit tumpang tindih bentuk dibuat sebelumnya. Putar sedikit-demi sedikit strip serat untuk mencocokkan aliran garis.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/19.jpg
Langkah 16
Kepala, leher dan beberapa otot. Kami sekarang memiliki semua unsur yang dibutuhkan untuk mulai membuat gambar. Di bawah ini Anda dapat menemukan langkah demi langkah gambar yang menggambarkan postur dan cara kita terdiri angka ini.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/20.jpg
Nah komposisi perlahan-lahan terbentuk. Mari kita berhenti di sini selama 1 detik. Kami ingin menambahkan beberapa otot di sekitar bahu, dan untuk melakukan itu, kita harus membungkus "bentuk dada" di sekitarnya. Sebuah cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan menggunakan alat lungsin standar.
Untuk membuatnya lebih mudah untuk mengikuti kami tidak akan menjelaskan prosedur ini pada komposisi yang sebenarnya.
Tempatkan bentuk otot di bawah elemen bahu, pilih, tekan Command / Ctrl + T untuk memasuki mode Free Transform, Klik kanan dan pilih Warp. (Atau arahkan ke Edit> Transform Warp>). Alat warp, sementara dapat digunakan untuk membungkus teks atau gambar di sekitar objek lainnya, juga dapat digunakan untuk membuat perubahan dramatis untuk elemen Anda. Setelah Anda memasukkan Mode Transformasi lusi, Klik di atas gambar dan drag untuk lungsin atau tarik handless untuk kontrol lebih. Ketika Anda selesai bermain, tekan enter untuk menerapkan warping tersebut.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/21.jpg
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/22.jpg
Langkah 17
Angka tersebut hampir siap. Sebelum pindah ke tahap akhir, di mana kita menambahkan beberapa warna dan detail finishing, kita harus berhati-hati dari latar belakang juga. Kami ingin menambahkan beberapa jenis rambut tampak berangin untuk memimpin mata pemirsa keluar dari komposisi, dan tentu saja untuk membuatnya sedikit lebih menarik.
Saran kami adalah Anda lakukan latar belakang sendiri menggunakan teknik yang sama diterapkan sejauh ini. Pilih beberapa unsur dari Paket CG Freaks Organik Seni Visual, mengubah dan membentuk mereka yang Anda inginkan.
Kami telah menambahkan latar belakang, dan terbalik bentuk pada wajah, cukup, dengan memilih lapisan yang tepat dan dengan menekan Command / Ctrl + I (atau menavigasi ke: Image> Adjustments> invert).
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/23.jpg
Langkah 18
Komposisi dasar selesai. Sekarang kita dapat mulai menambahkan beberapa rincian untuk mata. Iris, pupil dan menyoroti beberapa.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/24.jpg
Untuk mencapai hal ini, Anda dapat menggunakan sikat standar Photoshop. Buat layer baru, pilih ukuran kuas yang masuk akal, warna yang Anda suka (kita memilih hijau) dan klik. Kemudian mengurangi ukuran kuas, mengubah warna menjadi hitam dan klik di dalam titik hijau Anda buat sebelumnya. Sekarang, untuk menambahkan kilauan sedikit, mengurangi ukuran kuas bahkan lebih (untuk 5 piksel atau lebih) dan klik tempat untuk mencapai kedua hijau dan lingkaran hitam. Untuk menambah volume sedikit bola mata, membuat layer baru di bawah, pilih sikat halus, mengatur warna yang sama dengan iris memiliki. Kurangi opacity lapisan untuk 40% dan menggabungkan semua lapisan mata. Pilih layer dan tekan Command / Ctrl + E, atau menavigasi ke Layer> Merge Layers. Tempatkan mata di mana mereka berada, kemudian menghapus bagian-bagian tumpang tindih dengan penghapus. Untuk menambah kekuatan bahkan lebih dan untuk memperkuat ekspresi, kita harus menambahkan cahaya sangat ringan pada wajah. Buatlah layer baru, pilih sikat yang lembut besar dan mengecat area yang ingin Anda tekankan. Pada panel lapisan mengatur blending mode untuk berkembang biak. Anda dapat menyesuaikan kekuatan dengan menurunkan opacity layer.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/25.jpg
Langkah 19
Sudah saatnya untuk menambahkan beberapa warna untuk model kita. Kami percaya warna terlihat lebih baik ketika itu kontras dengan setidaknya satu lagi. Jadi pertama-tama kita harus menetapkan suasana hati yang dalam adegan kami dengan menambahkan filter Color Balance penyesuaian. Kami memilih warna hijau kebiruan untuk mencocokkan mata. Keuntungan utama menggunakan Lapisan Penyesuaian adalah bahwa Anda dapat mengubah pengaturan mereka kapan saja Anda inginkan, tanpa melakukan kerusakan gambar.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/26.jpg
Langkah 20
Akhirnya mari kita warna otot. Proses ini sangat sederhana dan perubahan yang sangat luar biasa.
Memilih lapisan Anda ingin warna. Command / Ctrl + klik pada ibu jari lapisan untuk membuat seleksi. Tanpa tanda pada pilihan membuat layer baru dan mengisinya dengan oranye, atau warna yang Anda inginkan. Mengatur lapisan blending mode ke Overlay dan Anda selesai. Anda dapat menyesuaikan intensitas warna dalam banyak cara tetapi dalam kasus ini Opacity akan baik-baik saja.
Pada gambar di bawah Anda dapat melihat proses ini diterapkan pada proyek kami. Karena proses ini berulang-ulang dan adegan yang cukup kompleks kita harus melewati beberapa di antara langkah.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/27.jpg
Langkah 21
Semuanya tampak baik-baik saja. Kami telah menambahkan satu lapisan penyesuaian untuk mengubah warna dan suasana hati sedikit. Ini adalah bagian tersulit karena Anda harus membuat keputusan dan kemudian menaatinya.
Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah membuat salinan dari seluruh proyek dan tambahkan sedikit kebisingan itu.
Itu saja! Juga merasa bebas untuk membuat dan menemukan bentuk baru dan merasa bebas untuk membuat makhluk yang baru dan mengejutkan atau struktur! Ada kemungkinan tak terbatas!
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/28.jpg
Gambar akhir
Terima kasih untuk mengikuti kita. Kami harap Anda menikmati tutorial dan jangan lupa untuk mengunjungi kami (http://visualfreaks.com/) untuk hal-hal lebih sejuk dan segar dan ingat bahwa dengan bantuan Paket Seni kami (http://visualfreaks.com/packs /), kreativitas Anda tidak memiliki batas.
http://d2f8dzk2mhcqts.cloudfront.net/0654_Visual_Freaks/29.jpg
http://feeds.feedburner.com/ ~ ff / PSDTUTS d \u003d yIl2AUoC8zA (http://feeds.feedburner.com/ ~ dst / PSDTUTS a \u003d MuDZyw9yVT4:? J2xUXBqSukA: yIl2AUoC8zA)? http://feeds.feedburner. com / ~ dst / PSDTUTS i \u003d MuDZyw9yVT4:? J2xUXBqSukA: V_sGLiPBpWU (http://feeds.feedburner.com/ ~ dst / PSDTUTS a \u003d MuDZyw9yVT4:? J2xUXBqSukA: V_sGLiPBpWU) http://feeds.feedburner.com/ ~ ff / PSDTUTS i \u003d MuDZyw9yVT4:? J2xUXBqSukA: gIN9vFwOqvQ (http://feeds.feedburner.com/ ~ dst / PSDTUTS a \u003d MuDZyw9yVT4:? J2xUXBqSukA: gIN9vFwOqvQ)? http://feeds.feedburner.com/ ~ ff / PSDTUTS d \u003d TzevzKxY174 (http://feeds.feedburner.com/ ~ dst / PSDTUTS a \u003d MuDZyw9yVT4:? J2xUXBqSukA: TzevzKxY174)
http://feeds.feedburner.com/ ~ r / PSDTUTS / ~ 4/MuDZyw9yVT4
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar